Tanda Kehamilan yang Muncul Setelah Telat Haid 1 Minggu

Tanda awal kehamilan yang umumnya terjadi memang hampir mirip dengan wanita yang telat haid. Umumnya, 1-2 minggu adalah waktu berapa lama telat haid dinyatakan hamil jika didukung dengan gejala lain yang menyertai. Meskipun pemeriksaan menjadi bukti otentiknya, beberapa tanda awal kehamilan 1 minggu ini bisa jadi pedoman untuk mengetahui kebenarannya.

  1. Morning Sickness

Morning sickness merupakan salah satu tanda seseorang tengah berada di masa awal kehamilan. Kondisi ini menyebabkan rasa pusing disertai mual dan muntah yang umumnya terjadi di pagi hari setelah bangun tidur. Anda harus memperhatikan munculnya gejala ini sebagai tanda awal kehamilan yang sering dialami ibu hamil muda.

Ketika mengalami gejala morning sickness ini, sebaiknya Anda tetap tenang dan mencoba menanganinya dengan baik. Cara penanganannya juga sangat mudah. Anda perlu mengonsumsi minuman hangat setelah bangun tidur agar pusing yang dialami bisa berkurang.

Hiruplah udara segar agar badan kembali fresh. Dengan demikian, tubuh juga rileks. Jangan langsung melakukan aktivitas. Jangan lupa juga untuk menghindari aroma yang sensitif karena memicu mual bahkan sampai muntah.

  1. Nyeri Payudara

Nyeri payudara dialami oleh wanita yang sedang hamil muda selama berhari-hari. Nyeri payudara ini disertai dengan pembengkakan yang disebabkan persiapan untuk menyusui. Pertanda yang dialami dari awal masa kehamilan harus disikapi dengan baik agar Anda dapat menjalani masa kehamilan dengan baik. Proses adaptasi bisa dilakukan dengan baik tanpa mengalami stres.

Agar tidak mengalami stres akibat perubahan fisik tersebut, sebaiknya menyadari berbagai pertanda kehamilan sejak awal akan memudahkan. Melakukan kegiatan yang menyenangkan juga akan mengantisipasi stres yang bisa dialami.

  1. Kram Perut

Rasa nyeri di perut juga terjadi saat awal kehamilan. tanda awal kehamilan ini berlangsung hanya di satu titik saja sebagai efek dari implantasi embrio di dinding rahim. Kram perut ini harus disikapi dengan tenang. Ketika mengalaminya, Anda harus rileks dan mengistirahatkan badan dengan duduk atau merebahkan diri dengan memberikan bantalan di bagian bawah punggung.

Penanganan tersebut akan mengurangi rasa sakit akibat kram tersebut. Anda juga harus mengonsumsi minuman hangat untuk membantu meredakannya. Tubuh yang rileks akan mengurangi rasa sakit tersebut. Kram perut yang terpusat di satu titik ini muncul sebagai jawaban tentang berapa lama telat haid dinyatakan hamil.

  1. Bercak Darah

Bercak darah yang disebut dengan flek bisa muncul di masa awal kehamilan, meskipun tidak terjadi di setiap ibu hamil. Jika Anda mengalaminya dan hanya sebentar saja kemudian berhenti, maka itu berarti sedang berada pada masa awal kehamilan. Anda mengalami flek yang disebabkan oleh implantasi embrio di dinding rahim.

Pertanda tersebut harus Anda ketahui agar mempersiapkan diri untuk tidak panik jika mengalaminya. Flek tersebut tidak berbahaya dan normal bisa terjadi pada beberapa kasus kehamilan. Agar lebih yakin, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter.

  1. Perubahan Mood yang Terus Menerus

Perubahan mood juga menjadi salah satu tanda wanita hamil yang akan terjadi dari masa awal kehamilan hingga trimester kedua nanti. Bukan berarti akan berlangsung tanpa henti, perubahan mood ini muncul dan hilang dengan sendirinya mengikuti perubahan hormon pemicunya. Dengan adanya perubahan mood tersebut, Anda harus berlatih mengendalikan diri agar lebih sabar.

Membiasakan diri dengan perubahan fisik dan psikis tentu saja tidak mudah. Perkara yang membutuhkan proses adaptasi ini dapat dimulai sejak awal masa kehamilan. Berapa lama telat haid dinyatakan hamil bisa menjadi pedoman perhitungan usia kehamilan demi pengontrolan kesehatan ibu dan bayi. Periksakan juga kehamilan secara rutin ke dokter yang terpercaya.

 

 

Author: blogadmin