Pengertian Definisi Operasional dan Cara Membuatnya

Definisi operasional adalah salah satu upaya yang dilakukan oleh peneliti untuk menggambarkan suatu istilah terkait metode dan konsep risetmelalui sejumlah tindakan utama misalnya manipulasi ataupun observasi. Ia juga diartikan sebagai segala variable serta istilah yang nantinya akan digunakan dalam operasionalpenelitian dengan tujuan untuk mempermudah pembaca  maupun penguji untuk memahami makna suatu penelitian.

Hal ini sangat berhubungan dengan variabel serta istilah yang dipakai dalam sajian penelitian demi menghindari salah paham antara peneliti, pembaca dan penguji. Dengan demikian, variabel dan istilah dalam riset menjadi lebih jelas, lebih konkrit dan lebih akurat. Beberapa hal yang perlu di definisikan antara lain apa yang diukur, bagaimana cara mengukurnya, seperti apa kriteria pengukuran dan instrumen yang dipakai untuk mengukur berikut skala pengukuran yang digunakan.

Agus Susworo Dwi Marhaendro menjelaskan bahwa definisi operasional akan memberikan batasan maupun arti bagi suatu variabel dengan merinci hal-halyang harus dikerjakan oleh peneliti untuk mengukurnya.

Syarat

Nursalam (2003;105) menjelaskan syarat dalam definisi operasional, antara lain;

  • Definisi harus bisa dibolak-balikan dengan hal yang didefinisikan
  • Definisi tidak dapat berbentuk negatif
  • Definisi tidak boleh menyebutkan hal yang didefinisikan itu sendiri
  • Definisi tidak menggunakan bahasa yang ambigu atau tidak jelas maknanya

Jenis

Agus Susworo Dwi Marhaendro menjabarkan jenis dari definisi operasional antara lain;

  • Terukur, definisi yang menjabarkan cara mengukur suatu variabel dalam satuan yang jelas (kuantitatif).
  • Eksperimen yang menjelaskan tentang berbagai upaya peneliti untuk memanipulasi variabel.

Cara Membuat Definisi Operasional

Terdapat 3 pendekatan yang lazim digunakan untuk menyusun suatu definisi operasional, yakni;

  • Tipe A, disusun berdasar pada operasi yang harus dilakukan untuk menghasilkan gejala maupun kondisi yang didefinisikan bisa tercapai.
  • Tipe B, disusun berdasar pada bagaimana cara agar obyek yang didefinisikan bisa dioperasionalkan, yaitu menjelaskan upaya yang dilakukan atau apa yang menyusun
  • Tipe C, disusun berdasar pada penampakan obyek ataupun gejala yang didefinisikan, yaitu dari hal yang menyusun karaktersitik tetap.

Demikianlah pengertian dari definisi operasional yang diterapkan dalam suatu penelitian. Semoga bermanfaat untuk penyusunan sajian riset Anda.

Author: blogadmin